Manfaat Tanaman Ekor Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Ekor Kucing Untuk Kesehatan

Ladiesmail - Ekor kucing (Acalypha hispida Burm. Folium) merupakan tanaman asli yang berasal dari Hindia Barat. Umumnya, tanaman ini ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah atau di taman-taman. Tanaman ekor kucing ini tumbuh tegak dan memiliki tinggi mencapai 1 - 3 m.

Bunga ekor kucing ini memiliki rasa manis, kelat dan sifatnya yang sejuk. Bunga ekor kucing ini berkhasiat untuk menghentikan perdarahan dan berkhasiat sebagai peluruh kencing. Dan akar serta daun ekor kucing ini juga berkhasiat sebagai hemostatis.

Dalam daun ekor kucing ini mengandung acalyphin, flavonoida, tanin dan saponin. Sedangkan bunga ekor kucing ini mengandung saponin dan tanin.

Tumbuhan ekor kucing ini ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan Anda lho, apakah Anda sudah tahu? Nah, jika Anda belum tahu apa saja manfaat ekor kucing bagi kesehatan Anda, berikut dibawah ini simaklah dengan baik.

Mengobati Luka Berdarah

Caranya ialah cucikan segenggam daun ekor kucing yang masih segar sampai bersih, lalu tumbuk daun ekor kucing sampai halus, kemudian tempelkan pada luka dan balutkan dengan kain perban.

Mengobati ludah berdarah

Caranya yaitu gilingkan 30 gram bunga ekor kucing yang masih segar dan 30 gram gula enau sampai halus, lalu makan campuran tersebut. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari sampai sembuh.

Mengatasi Vitiligo

Caranya ialah cucikan segenggam daun ekor kucing yang masih segar dan kencur seukuran 1/2 ibu jari sampai bersih, lalu gilingkan sampai halus, kemudian balurkan pada bagian tubuh yang berbecak putih dan di balutkan. Lakukan cara pengobatan ini setiap hari secara rutin.

Nah, itulah pengertian dari tanaman ekor kucing serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.
Share on Google Plus

About Vento Deco

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment