5 Makanan yang Sangat Baik Untuk Pencernaan

5 Makanan yang Sangat Baik Untuk Pencernaan

Ladiesmail - Hidup sehat bukan hanya olahraga saja, yang sangat dibutuhkan juga makanan. Karena makanan sehat sangat dibutuhkan agar bisa primer bagi makhluk hidup untuk tetap hidup di dunia ini, dan tentu saja makanan yang kita konsumsi, diolah oleh tubuh untuk dijadikan energi.

Selain untuk menunjang kebutuhan energi, makanan juga penting untuk menjaga agar sistem dalam tubuh kita tetap berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makan yang sehat, agar tubuh kita tetap sehat.

Salah satu sistem dalam tubuh yang ering kali bermasalah karena pola makan dan konsumsi makanan yang salah adalah sistem pencernaan. Kebiasaan-kebiasaan buruk saat makan dan konsumsi makanan yang kurang sehat seringkali mengantarkan kita pada masalah pada pencernaan, dari yang paling ringan seperti mual sampai yang paling parah seperti radang usus atau bahkan kanker usus.

Untuk menghindari terjadinya masalah-masalah pada sistem pencernaan kita, sebaiknya kita mulai mengonsumsi makanan yang baik bagi sistem pencernaan kita. Berikut 5 makanan yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan sistem pencernaan Anda.

Buah Bit

Buah bit sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan gangguan perut lainnya. Buah bit yang kaya serat, kalium, dan magnesium akan membantu Anda membersihkan sistem pencernaan yang tercemar oleh makanan-makanan yang tidak sehat.

Apel

Apel adalah buah yang kaya akan manfaat bagi pencernaan Anda. Apel kaya akan vitamin C, vitamin A, folat, mineral, kalium dan fosfor. Semua vitamin dan mineral yang terkandung dalam apel ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pencernaan Anda seperti menurunkan masalah konstipasi serta meningkatkan rasa kenyang.

Selain itu, kandungan pectin pada apel juga dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus yang bisa membantu usus berfungsi lebih maksimal.

Pisang

Buah berwarna kuning ini adalah solusi sempurna untuk meningkatkan fungsi usus. Pisang merupakan buah yang wajib Anda konsumsi jika Anda diare, sebab pisang akan membantu Anda mengembalikan jumlah elektrolit dan kalium yang hilang karena dikeluarkan secara terus-menerus selama diare. Selain itu, pisang juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan.

Ubi Jalar

Ubi jalar, terutama jika dikonsumsi dengan kulitnya, adalah makanan yang luar biasa bagi kesehatan pencernaan. Ubi jalar memiliki kandungan serat, karbohidrat kompleks, dan mangan. Ubi jalar membantu mengobati tukak lambung serta masalah pada sistem pencernaan lainnya.

Alpukat

Buah satu ini merupakan salah satu buah yang paling kaya serat yang disediakan oleh alam. Buah ini sangat mudah dicerna dan mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Bagaimana dengan makanan yang biasa Anda konsumsi? Jika Anda ingin hidup sehat maka mulai hari ini Anda harus pintar atur makanan yang Anda konsumsi, semoga bermanfaat ya.
Share on Google Plus

About Vento Deco

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment