Cara Memilih Beras Berkualitas dan Hindari Beras yang Tak Layak Dikonsumsi

Cara Memilih Beras Berkualitas dan Hindari Beras yang Tak Layak Dikonsumsi

Ladiesmail - Beras adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari, karena demikian maka Anda harus lebih cermat memilih beras. Sudah puluhan macam beras beredar dipasaran, tetapi beras tersebut tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

Ada beberapa macam beras yang bahaya untuk dikonsumsi, seperti beras oplosan, beras dengan pemutih dan juga aroma palsu, bahkan baru-baru ini ada isu yang beredar bahwa ada beras plastik. Masyarakat harus senantiasa waspada menghadapi masalah ini.

Namun tidak perlu khawatir, kini Anda tinggal mengikuti cara ini untuk memilih beras yang kualitas sehingga tidak merugikan kesehatan Anda. Berikut ini simak baik-baik tips memilih beras yang bagus untuk dikonsumsi.

  1. Pertama adalah Anda harus perhatikan tampilan dari beras. Pilihlah beras yang berwarna bening agak sedikit kekuningan. Pilih pula beras yang bebas dari kerikil dan kutu. Beras yang terlalu putih biasanya dicuci dengan bahan pemutih. Untuk itu perhatikan betul fisik beras.
  2. Kedua Anda harus memperhatikan aroma beras. Beras yang sudah lama (lebih dari 1 bulan) biasanya sudah berbau agak apek. Hindari beras berbau apek.
  3. Selanjutnya perhatikan tekstur beras. Beras yang baik biasanya tak mudah patah. Jika beras mudah patah maka beras tersebut sudah tak baik kondisinya.
  4. Anda juga harus berhati-hati dengan beras yang mengeluarkan aroma wangi. Jika beras tersebut terlalu wangi bisa dipastikan beras tersebut mengandung zat pewangi.
  5. Coba remas beras dengan tangan kering. Beras akan banyak menempel pada tangan jika mengandung zat pelicin.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda agar terhindari dari beras yang tak layak dikonsumsi. Sediakan selalu beras terbaik untuk nutrisi yang cukup untuk keluarga Anda ya.
Share on Google Plus

About Vento Deco

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment